setiap orang pasti menginginkan suatu kesuksesan kan dalam setiap bisnis yang dijalani hidupnya, begitupun anda. Anda pasti sangat ingin kan meraih sukses, nah oleh karena itu saya ingin berbagi tips nih, bagaimana menjadi pebisnis sukses, ala Sean Covey, DePorter & Henacki, serta Klaus.
PRINSIP
DAN TEKNIK YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK
MENJADI PEBINIS SUKSES
Pengertian Prinsip
Menurut Covey (2001:49)
prinsip adalah landasan paling stabil, yang takkan tergoyahkan , yang bisa kamu
andalkan untuk membangun hidupmu, dan kita semua membutuhkannya. Berdasarkan
pernyataan tersebut anda dapat mengetahui atau menyimpulkan bahwa selain tahap – tahap persiapan awal anda juga
memerlukan sebuah prinsip. Dimana prinsip – prinsip tersebut dapat menjadi
fondasi dan juga tiang yang sangat kokoh, yang mampu membantu anda mendirikan sebuah
bisnis yang sangat spektakuler dan dapat berkembang dengan pesat.
Sebagai catatan bagi anda bahwa,
prinsip yang dikatakan disini ialah prinsip yang baik, yang tidak hanya
mementingkan kepentingan bisnis anda, melainkan prinsip yang mampu diterima banyak
kalangan dan terutama relasi bisnis anda dan juga lingkungan anda dalam
berbisnis.
Berdasarkan
penjelasan diatas anda kini dapat memahami apa yang dimaksud dengan prinsip,
dan bagaimana prinsip akan bekerja. Sehingga saat ini anda sudah harus memiliki
prinsip – prinsip saat anda akan membangun sebuah bisnis berikut adalah
beberapa prinsip yang mungkin dapat anda gunakan dalam membangun binis:
·
Menjadi
pebisnis yang berkepribadian proaktif
Jika
anda benar – benar ingin menjadi seorang pebisnis yang ulung anda perlu
mengetahui bahwa dunia bisnis tidak semulus yang anda bayangkan selain
kompetitor yang semakin banyak jumlahnya, anda juga sering dihadapkan pada
masalah – masalah yang timbul dalam
dunia bisnis. Misalnya saja ada kompetitor yang memiliki prinsip bahwa mereka
boleh menghalalkan cara apa saja untuk memperoleh keuntungan bagi bisnis
mereka. Sehingga mereka melakukan
berbagai cara untuk menjatuhkan bisnis anda contoh kecil saja, dengan
pencemaran nama baik bisnis anda atau barang dan jasa dari bisnis yang anda
kelola. Apabila anda tidak memiliki prinsip menjadi seorang pebisnis yang
proaktif maka kemungkinan besar anda akan terjebak dalam situasi ini dan
menghadapi masalah ini dengan emosi yang tidak terkontrol ( reaktif). Dan kemungkinan
besar anda akan dikatakan sebagai pebisnis yang tidak profesional. Dan orang –
orang proaktif itu sendiri merupakan orang – orang yang membuat pilihan –
pilihannya menurut nilai – nilai. Mereka berfikir sebelum bereaksi. Mereka
sadar bahwa mereka tidak bisa mengendalikan segala yang terjadi kepada mereka,
tetapi mereka bisa mengendalikan reaksi mereka, Covey (2001:80). Maka dengan
demikian anda sebagai seorang pebisnis perlu untuk memikirkan segala tindakan
yang akan dilakukan dalam mengambil keputusan berdasarkan nilai – nilai yang
berlaku. Hal ini juga dijelaskan oleh Klaus dalam Soft Skills (2012:49) salah satu pertahanan terbaik terhadap
ketidakpastian adalah mengembangkan sebuah sikap terbaik yang kan bermanfaat
untuk anda dan orang disekitar anda. Meskipun anda tidak dapat selalu
mengendalikan apa yang terjadi pada anda, anda dapat mengendalikan bagaimana
anda bereaksi dan menghadapi pasang surutnya kejadian.
·
Menjadi
pebisnis yang menjunjung tinggi nilai kebenaran atau kejujuran.
Kebenaran
atau kejujuran merupakan hal yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan,
baik dalam dunia perkuliahan, dunia kesehatan, dan yang paling penting ialah
dalam dunia bisni. Jika anda mampu untuk menjunjung tinggi nilai kebenaran dan
kejujuran, bisnis anda pasti akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Karena
kebenaran dan kejujuran tidak hanya berbicara mengenai bagaimana kita dalam
mengelola perusahaan tetapi juga berperan sebagai dinding dari bisnis yang kita
jalankan yang akan melindungi bisnis anda dari segala ancaman – ancaman para
pesaing yang tidak sehat. Yang perlu anda ingat adalah “ kebohongan dan kecurangan tidak pernah membawa kebaikan” Klaus
dalam Soft Skills (2012:30). Sehingga
sangat penting dalam menjunjung nilai kebenaran atau kejujuran jika anda
menginginkan bisnis anda tetap survive. Kebanyakan
para pebisnis yang gagal pada awalnya mencoba untuk berbuat curang dan
melupakan nilai kebenaran atau kejujuran yang ada memang saat awal mungkin
mereka berhasil mengelabui relasi atau pelanggan mereka, namun lama – kelamaan
hal ini akan terkuak juga. Seperti yang dikatakan Klaus dalam Soft Skills (2012:31) jika anda pikir
lolos dari kecurangan, kebohongan, atau pencurian, tindakan itu akan berbalik
kepada anda cepat atau lambat. Dengan demikian hal yang sangat perlu anda
tanamkan ialah nilai – nilai kebenaran atau kejujuran, hal ini bertujuan untuk
menjaga reputasi bisnis anda tetap baik. Ini juga dijelaskan oleh Klaus dalam Soft Skills (2012:31) reputasi anda
adalah segalanya.
·
Menjadi
pebisnis yang berorientasi pada prinsip menang/menang
Menurut
Covey (2001:216) menang/menang adalah keyakinan bahwa semua orang bisa menang.
Hal ini menunjukkan bahwa dalam berbisnis anda harus fair. Tidak memandang bahwa anda sedang tersaingi saat berbisnis.
Mulailah untuk berfikir bahwa setiap orang atau pebisnis memiliki peluang yang
sama untuk menggapai sebuah kesuksesan bisnis. Dan anda juga harus percaya dan
yakin bahwa anda akan lebih berbesar hati, berkomitmen untuk menolong orang
lain meraih sukses dan bersedia membagi pengakuan, kamu akan menjadi orang yang
sangat disenangi teman maupun relasi bisnis anda.
Beberapa
prinsip diatas dapat mulai anda terapkan untuk membangun bisnis anda. Apabila
anda telah memiliki prinsip – prinsip tersebut, maka yang perlu anda ketahui
selanjutnya ialah mengetahui cara – cara apa saja yang dapat digunakan untuk
membangun bisnis lebih baik lagi. Dan berikut adalah cara atau hal yang dapat
anda lakukan untuk menggapai mimpi anda menjadi pebisnis yang sukses dalam usia
muda:
·
Ciptakan
perbedaan sebagai identitas anda
Anda
pasti sering mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “jika anda ingin berhasil, beranilah untuk tampil beda”, begitupun
dalam bisnis. Anda harus berani untuk tampil
beda dan berusaha untuk keluar dari zona nyaman anda serta berani untuk
mengambil resiko. Seperti yang dikatakan DePorter dan Hernacki dalam Quantum Learning (2000:69) keadaan
pikiran yang ideal untuk belajar secara optimal diciptakan ketika anda mau
memperluas zona keamanan anda dan mencoba hal - hal baru. Adapun tampil beda
menurut Klaus dalam Soft skills (2012:120
– 121) yaitu dengan cara keberanian untuk menciptakan cap atau merek (branding), serta mempromosikan atau
membanggakan diri (bragging) adalah
soal cara kita memberi sentuhan lembut pads soft
skills untuk promosi diri ini adalah cara anda keluar dari keramain dan
menjaga prestasi anda tetap tertanam. Dalam lingkungan yang kompetitif dewasa
ini, memberi cap atau merek pada diri sendiri (self-branding) adalah
elemen penting untuk membangun reputasi anda di dunia bisnis dan untuk
membedakan diri anda dari orang lain.
Berdasarkan kedua
pernyataan diatas maka dapat disimpulkan bahwa keluar dari kebiasan atau zona
nyaman anda untuk belajar lebih banyak akan sangat membantu anda untuk
berkembang dalam bisnis. Selain itu pemberian cap atau merek (branding) dan membanggakan diri (bragging) sangat penting dalam bisnis karena dengan hal tersebut
anda dapat memberikan identitas tersendiri bagi bisnis anda yang akan
menjadikan bisnis anda berkembang dengan pesat. Hal ini tidak hanya mengenai
bagaimana memberikan merek (branding) dan
membanggakan (bragging) pada bisnis
anda. Tetapi anda juga harus menciptakan merek (branding) dan membanggakan (bragging)
pada diri anda. Yang mampu membawa anda pada reputasi bahwa anda adalah
pebisnis yang berbeda dengan yang lainnya.
·
Jadilah
pebisnis yang banyak belajar melalui
mendengar
Pada dasarnya
kebanyakan dari orang atau mengkin anda sendiri, sangat sulit untuk
mendengarkan orang lain. Karena hanya anda lah yang ingin didengarkan,
sejatinya hal seperti ini sangat tidak baik. Seperti yang dikatakan oleh Klaus
dalam Soft Skills (2012:58) kemampuan
berkomunikasi dapat membangun atau menghancurkan karier anda. Maksudnya ialah
jika anda terlalu banyak bicara tanpa mendengarkan sekeliling anda itu sangat
tidak efektif dalam pengembangan bisnis. Mengapa demikian, karena dengan
mendengar anda dapat lebih banyak mendapat informasi baru yang mungkin anda
perlukan dalam berbisnis. Selain itu Klaus juga mengatakan bahwa mendengarkan
adalah kegiatan – bukan hanya sesuatu untuk dilakukan sambil menunggu giliran
anda berbicara. Kebanyakan orang sudah memiliki pendapat, pikiran dan ide
sendiri sebelum orang yang kita dengarkan menyelesaikan kalimatnya.
Maka kebanyakan orang
yang tidak suka mendengarkan orang lain cenderung akan memotong pembicaraan,
hal ini sangat tidak efektif dalam dunia binis, karena kemungkinan besar ada
manfaat dari apa yang anda dengar dari orang lain atau bahkan dapat memberikan
anda inspirasi untuk lebih baik dalam dunia bisnis. Sehingga mulailah lah untuk
menjadi pendengar yang baik, yang selalu mendengarkan seseorang secara lengkap,
untuk memperluas pengetahuan anda terutama dalam dunia bisnis dan jadikan
mendengar adalah kebutuhan bagi diri anda untuk membangun bisnis yang
menakjubkan.
·
Berani
mengambil resiko meskipun anda tidak tahu kemungkinan yang akan terjadi
Resiko merupakan sesuatu yang selalu menyertai hal
apapun dan dalam bidang apapun. Begitu pun dalam dunia bisnis resiko adalah hal
yang tidak dapat anda hindari, namun anda harus berusaha untuk meminimalisir
resiko – resiko yang datang dalam bisnis anda. Klaus (2012:25) cara terbaik
menghadapi resiko adalah menyadari tingkat kenyamanan anda dan keamanan dalam
menghapi nya. Mereka yang menolak risiko
menyukai kenyamanan dan keamanan dalam melakukan hal yang sama berulang –
ulang. Tidak ada yang salah dengan itu kecuali anda berhenti membuat perbaikaan
situasi yang kurang optimal. Berdasarkan yang dikatakan oleh Klaus anda
harus harus berani untuk mengambil
resiko tersebut meskipun anda tidak tau kemungkinan apa yang akan terjadi saat
anda mengambil resiko tersebut.
·
Bekerja
lah dengan bersinergi
Dalam bekerja tentunya anda tidak mungkin dapat
melakukan segala hal seorang diri. Anda pasti akan memerlukan banyak bantuan,
maka dari itu sangat perlu bagi anda untuk bekerja dengan sinergi. Menurut
Covey (2001:261) sinergi tercapai kalau dua orang atau lebih bekerjasama untuk
menciptakan solusi yang lebih baik, ketimbang kalau sendirian. Bukannya jalanmu
atau jalan saya, melainkan jalan yang lebih
baik, jalan yang lebih tinggi. Berdasarkan hal tersebut yang harus anda
lakukan adalah bekerjasama dalam hal apaun, baik dalam menghadapi resiko, dan
juga permasalahan yang timbul dalam bisnis anda. Misalnya dalam pemecahan
masalah anda dapat menggunakan sinergi untuk memecahkan masalah dengan sinergi urun rembuk (musyawarah) sehingga dengan
musyawarah anda dapat mendapatkan inspirasi solusi untuk memecahkan setiap
masalah yang timbul.
· Bersikaplah positif tanpa keluhan
Anda pasti sering mendengar kata kata “be positive” yang berarti menjadi
positif, ternyata positif tidak hanya berlaku dalam satu aspek kehidupan
melainkan di setiap aspek kehidupan anda. Misalnya saja dalam berfikir,
berfikir secara positif merupakan modal yang sangat penting karena dengan
pemikiran yang positif anda dapat bertindak dengan didasarkan pada akal sehat.
Seperti yang dikatakan Klaus dalam Soft
skliss (2012:49) sadarilah bahwa sikap positif merupakan aset paling
berharga yang dapat anda miliki. Ini menciptakan desiran – desiran yang
bergetar jauh, baik dalam maupun ke luar diri, memengaruhi sesuatu disekitar
anda. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa menjadi pribadi yang
positif akan menjadikan anda seorang pebisnis yang akan sukses dalam usia muda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar